Total Tayangan Halaman

Kamis, 24 Maret 2011

Pengembangan Pesawat Tempur Rusia - India Telan Biaya $ 6 Milyar Dolar





BANGALORE - Pengembangan pesawat tempur generasi kelima antara Rusia dan India akan menelan biaya sebesar $ 6 milyar dolar, kata direktur keuangan Hindustan Aeronautics Ltd.(HAL) D.Shivamurti.

Rusia dan India telah meneken kontrak pada akhir desember tahun lalu yaitu pengembangan bersama dalam pembuatan desain pesawat tempur multirole generasi ke 5.

Sukhoi holding Rusia dan Hindustan Aeronautics Limited menyutujui penandatangan pada tahun 2010 untuk pengembangan pesawat tempur generasi ke 5 yaitu mengunakan desain T-50.

“Sebuah fase secara detail untuk desain pesawat, termasuk biaya proyek, kemungkinan biaya akan menelan anggaran lebih dari $ 6 milyar,” kata Shivamurti.

“Pekerjaan pesawat tempur ini kami dan mereka [India dan Rusia] masing-masing dengan proporsi 35/65.”

Rusia telah mengembangkan pesawat generasi ke 5 sejak tahun 1990an. Prototipe kini, dikenal sebagai T-50, dirancang oleh biro desain Sukhoi dan dibangun di pabrik di Komsomolsk-on-Amur di daerah timur Rusia.

Para pejabat Rusia telah memuji pesawat tempur tersebut sebagai “pesawat tempur yang unik” yang menggabungkan kemampuan sebuah pesawat tempur superior di udara dan pertempuran di udara.

Rusia berencana untuk menggunakan pesawat tempur 5G yang akan dikembangkan menjadi versi ekspor T-50, sementara India mengharapkan pesawat baru untuk bergabung dengan angkatan udara pada tahun 2020.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar