Total Tayangan Halaman

Kamis, 12 Agustus 2010

Kopaska TNI AL “Serbu Teroris” di Bandara Juanda


7 29th, 2010 by nav
Kopaska TNI AL “Serbu Teroris” di Bandara JuandaSurabaya - Sebanyak 1 Tim Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI AL “menyerbu” sarang teroris di Bandara Juanda, Rabu (28).
Penghancuran kekuatan lawan yang dilakukan dengan pertempuran jarak dekat itu berlangsung dengan tidak muda, karena musuh bersembunyi di ruangan-ruangan tertutup dan kondisi penerangan gelap.
Tetapi dengan kesiapsiagaan yang handal, prajurit elit TNI AL ini tidak begitu lama dapat berhasil melumpuhkan sarang teroris tersebut.
Sepenggal adegan serbuan ke sarang teroris yang dilakukan oleh Pasukan Katak TNI AL tersebut, merupakan sekanario latihan bersama yang digelar antara TNI AL dengan Angkatan Laut Amerika Serikat dari jajaran US Navy Seal dengan sandi “Flash Iron 10-2 JCET”.
Latihan yang dilaksanakan mulai 12 Juli tersebut, sejak hari Senin (26/7) sampai hari ini Rabu (28/7) melaksanakan latihan di Bandara Juanda, dengan materi latihan CQC (Closed Quarter Combat) atau pertempuran jarak dekat.
Pasukan yang terlibat dalam latihan bersama ini dari Kopaska TNI AL 92 personel sedangkan dari pihak US Navy Seal 19 personel.
Latihan yang digelar hingga 5 Agustus tersebut melaksanakan beberapa materi latihan diantaranya pengamanan VVIP, MIO (Martime Interdiction Operation), Markmanship and Sniper Skills, CQC (Closed Quarter Combat), Urban Warfare dan TCCE (Tactical Combat Casualiv Care).
Tujuan digelarnya latihan bersama ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kesiapsiagaan Pasukan Katak TNI AL dalam melaksanakan Maritime Interdiction Operation, Markmanship dan Sniper Skills, CQC, VVIP Protections, Urban Warfare dan TCCE (Tactical Combat Casualiv Care).
Adapun sasaran dalam latihan ini, yaitu tercapainya aspek perencanaan, operasional, taktis, teknis dan prosedur, serta aspek psikologis, penelitian dan pengembangan Kasubdispenum Dispenarmatim Mayor Laut Drs Kariono, MAP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar