Total Tayangan Halaman

Kamis, 26 Agustus 2010

Hadapi Perang Modern Korut Kembangkan Taktik Kamuflase


8 26th, 2010 by nav
Korut Kembangkan Taktik KamuflaseSEOUL — Korea Utara telah mengembangkan bahan-bahan kamuflase seperti cat “siluman” untuk menyamarkan kapal perang, tank atau pesawat tempur dari satelit pengintai dan pesawat asing, kata sebuah laporan, Senin (23/8/2010).
Buku manual lapangan rahasia yang digunakan militer komunis tersebut menyebutkan bahwa Korut juga telah membuat jaringan lubang bawah tanah dan gua, menurut koran Chosun Ilbo. Surat kabar itu mengatakan, buku manual tersebut mengutip pemimpin Korut Kim Jong-Il yang menyatakan, “Perang modern merupakan perang ’siluman’. Kami bisa menyatakan bahwa menang atau kalah akan ditentukan dari bagaimana kita melakukan perang ’siluman’.”
Buku manual tersebut, yang tercetak tahun 2005, diselundupkan keluar oleh seorang sumber melalui Caleb Mission, organisasi Kristiani Korea Selatan. Buku itu memberi instruksi mendetail akan cara membuat dan memakai cat “siluman”, yang menyerap gelombang radar, kata Chosun Ilbo. Para pejabat militer di Seoul menolak untuk memberi konfirmasi akan laporan tersebut.
Buku tersebut mendeskripsikan cara untuk menutupi instalasi atau peralatan dan cara untuk membuat pasukan militer terlihat seperti bergerak, padahal mereka sebenarnya berdiam diri guna mengecohkan pengintai Korea Selatan dan Amerika Serikat.
Chosun Ilbo mengutip seorang pakar intelijen yang tak disebutkan namanya mengatakan, ia terkejut menemukan militer Korut telah melakukan riset yang teliti dan cermat mengenai taktik “siluman” dari yang diduga sebelumnya. Kantor berita Yonhap menyiarkan laporan serupa. Buku tersebut menggambarkan cara untuk menutupi peralatan artileri jarak jauh dengan menggunakan bahan yang memantulkan radar, katanya.
Militer Korut juga memerintahkan untuk membuat landas pacu pesawat palsu guna menipu mata-mata asing, kata Yonhap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar